Selasa, 31 Maret 2015

Filled Under:

Cara Menghilangkan Kulit Wajah Berminyak

Mempunyai kulit berminyak pada wajah memang membuat kita ousing dan sering dijengkelkan olehnya, bagaimana tidak kita cape - cape dandan atau merias wajah eh cuma bisa bertahan sebentar akibat dari timbulnya minyak yang ada pada wajah kita.

Penampilan kita jadi kurang menarik, selain wajah yang mengkilat, wajah kita akan terlihat kusam karena debu dan kotoran menempel di pori kulit dan bisa mengakibatkan timbulnya jerawat.


Faktor penyebab kulit berminyak :
  1. Sudah pasti pola makan yang buruk akan menjadi penyebab lebihnya kadar minyak, terlalu banyaknya lemak dalam tubuh yang bisa berasal dari makan-makanan yang manis dan berlemak tinggi.
  2. Faktor Hormonal yang bisa menjadi salah satu pula mengapa kulit menjadi berminyak, hormon yang tidak seimbang atau pada saat masa puber yang bisa menjadi pemicu.
  3. Pemilihan jenis kosmetik yang tidak tepat bisa menjadi kadar minyak di wajah menjadi meningkat.
  4. Faktor keturunan bisa dikatakan juga menjadi factor kulit berminyak, biasanya orang tua yang mempunyai masalah kulit berminyak, akan diwariskan juga ke anaknya.
  5. Pengaruh obat-obatan seperti obat untuk KB bisa memicu kulit menjadi berminyak.
Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kulit berminyak. Dengan perawatan yang benar dan rutin maka kulit Anda akan menjadi terlihat cantik dan fresh dan tidak kusam tentunya.


1. Bedak
Sebaiknya pilih bedak tabur karena bedak tabur memiliki kemampuan untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah sehingga kulit terlihat lebih kering.
2. Pembersih
Tahap awal yang harus Anda lakukan adalah membersihkan wajah.Anda bisa menggunakan pembersih yang berbentuk sabun atau susu pembersih.Saat Anda ingin membersihkan wajah, sebaiknya Anda jangan lupa untuk membersihkan juga bagian leher dan telinga.Kemudian gunakan washlap yang sudah dibasahi oleh air hangat untuk membersihkan sisa sabun atau susu pembersih.Setelah itu gunakan toner untuk menyegarkan wajah Anda.
3. Tabir Surya
Sebaiknya gunakan tabir surya setelah menggunakan pelembab.Tunggulah hingga tanir surya benar-benar menyerap ke dalam kulit, sekitar 30 menit lalu gunakan bedak.
4. Pelembab
Pilihlah pelembab khusus untuk kulit berminyak karena biasanya mengandung lotion yang berbahan dasar air agar tidak terlihat mengkilap.
Ada juga cara alami mengatasi kulit berminyak yang bisa anda gunakan.

1. Susu:
Susu merupakan salah satu bahan terbaik untuk menghilangkan minyak di atas permukaan kulit. Silakan oleskan produk perawat wajah yang mengandung susu sebelum anda tidur. Susu memiliki kemampuan alami untuk menghilangkan debu dan kotoran di wajah. Selain itu, susu juga baik untuk membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Anda bisa mengambil kapas, kemudian mencelupkannya ke dalam susu dan oleskan ke permukaan wajah. Anda juga bisa menambahkan minyak lavender untuk meningkatkan hasilnya.
2. Gandum: 
Bahan makanan ini juga baik untuk mengatasi kulit berminyak. Sediakan gandum yang belum diproses, kemudian campurkan dengan satu sendok teh madu dan setengah sdt air jeruk lemon. Campur ketiga bahan ini hingga membentu pasta yang padat, selanjutnya aplikasikan ke atas kulit dan tunggu sekitar 15 menit.

3. Bubuk kayu cendana: 
Ambil sedikit bubuk cendana dan campurkan dengan beberapa tetes air, selanjutnya oleskan ke atas kulit wajah yang berminyak. Biarkan hingga mengering dengan sendirinya lalu bilas dengan air hangat. Ini membantu menghilangkan minyak berlebih serta melawan jerawat di wajah.

4. Masker lumpur: 
Lumpur sudah lama dipercaya untuk mengatasi wajah berminyak. Pilihlah lumpur yang higienis, bukan diambil langsung dari sawah karena ada banyak kotoran dan bakteri di dalamnya. Anda bisa membeli lumpur khusus dari toko kecantikan atau di tempat lainnya. Campurkan lumpur dengan kunyit sebelum dioleskan di wajah untuk meningkatkan hasilnya. Setelah dioleskan, tunggu selama kurang lebih setengah jam baru kemudian bilas hingga bersih. Anda bisa memakai masker lumpur sekali seminggu. Selain menghilangkan minyak, wajah juga akan terlihat lebih bersih dan lembut.
5. Daun Seledri
Ambil daun Seledri secukupnya lalu dipotong hingga kecil-kecil, dan setelah di potong kecil-kecil, potongan seledri tersebut dimasukan ke dalam panic yang sudah dimasuki air yang mendidih, dan biarkan rendaman seledri panas tersebut selama 15-20 menit lamanya, setelah didiamkan selama 15-20 menit, dan bisa dibiarkan agar dingin (20-30 menit).
Oleskan air Seledri yang sudah direbus dan sudah dingin tadi ke bagian seluruh wajah, biarkan hingga air Seledri tersebut meresap dan mengering.Setelah air Seledri meresap dan mengering bisa dibilas atau dibersihkan dengan air hingga bersih. Gunakan 2 hari 1 kali pemakaian untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Demikianlah beberapa tips cara mengatasi kulit berminyak yang bisa anda lakukan, semoga dapat bermanfaat bagi anda semunya. Selamat Mencoba !!




0 komentar:

Posting Komentar