Senin, 16 Februari 2015

Filled Under:

Hormon Pada Tumbuhan

Faktor Internal pertumbuhan selain ditentukan oleh gen ternyata juga ditentukan oleh sekret berupa getah yaitu hormon tumbuh (fitohormon) yang memacu pertumbuhan tumbuhan dan proses proses fisiologis yang terjadi pada pertumbuhan tanaman,      

Zat pengatur tumbuh adalah senyawa organic bukan nutrisi tanaman yang aktif dalam jumlah kecil yang disintensiskan pada bagian  tertentu  tanaman  dan  pada  umumnya  diangkut   ke   bagian   lain tanaman dimana Zat   tersebut  menimbulkan tanggapan  secara  biokimia,fisiologis dan morfologis. Zat pengantur tumbuh  yang umumdigunakan  dalam kultur in vitro adalah golongan auksin dan sitokinin  

Zat pengatur tumbuh (ZPT) memainkan peranan yang penting melalui pengaruhnya pada pembelahan sel dan diferensiasi sel selama terjadinya perkembangan dari zigot sampai perkecambahan biji, pertumbuhan vegetatif dan reproduktif. ZPT alami dan senyawa buatan adalah zat yang dapat mengubah pertumbuhan dan perkembangan tanaman, nama senyawa tersebut dapat juga pada kegiatan fisiologisnya, misal : Zat tumbuh daun, akar, dsb. 

Bagaimana membedakan Zat pengatur tumbuh dan Fitohormon atau Hormon tanaman More (1989) membedakan antara hormon tanaman dan ZPT sebagai berikut :

1. Hormon tanaman adalah senyawa organik bukan nutrisi yang aktif dalam jumlah kecil  kurang lebih 1 mili mikron , Hormon diproduksi oleh tanaman pada bagian organ tertentu , umunya ditranslokasikan ke bagian organ lain tanaman , kebanyakan hormon yang diproduksi dan kemudian ditransportasikan itu menghasilkan sustu respon secara biokimia , fidiologis dan kenampakan morfologis tanaman yang dipengaruhinya

2. Zat pengatur tumbuh (ZPT) adalah senyawa organik bukan nutrisi yang dalam konsentrasi rendah kurang dari 1 mili mikron mampu mendorong , atau menghambat atau secara kualitatif mengubah pertumbuhan dan perkembangan tanaman  

Agar hormon tumbuhan yang terdapat dalam jumlah yang relatif sangat kecil bersifat aktif dan khas, dapat di pastikan harus ada tiga syarat utama dalam sistem respon. Yang pertama, hormon harus ada dalam jumlah yang cukup dalam sel yang tepat. Kedua, hormon harus dikenali dan diikat erat oleh setiap kelompok sel yang tanggap terhadap hormon (sel sasaran yang peka). Dan untuk ini diperlukan protein penerima yaitu suatu protein yang memiliki struktur komplek yang dapat mengenali dan memilih diantara molekul yang jauh lebih kecil. Ketiga, protein penerima tersebut (konfigurasinya diduga berubah saat menerima hormon) harus dapat menyebabkan perubahan metabolik lain yang mengarah pada penguatan isyarat atau kurir hormon.              

Hormon tumbuhan adalah senyawa organik yang disintesis oleh salah satu bagian tanaman dan dipindahkan ke bagian tanaman yang lain. Pada konsentrasi yang sangat rendah hormon mampu menimbulkan suatu respon fisiologis, dan juga menyatakan bahwa hormon yang sudah dikenal sampai sekarang hanya ada 5 kelompok walaupun masih banyak lagi yang dipastikan di temukan. Kelima kelompok yang sudah di kenal itu meliputi 4 macam auksin, berbagai macam giberellin (tercatat 86 macam), beberapa sitokinin, asam absisat dan etilen.             

Titik-titik dalam proses ekspresi gen yang menunjukkan bagaimana aktivitas atau peran hormon pada prinsipnya dapat dikelompokkan atas peran hormon pada membran, substrat dan pada enzim. 

1. Hormon mempengaruhi permeabilitas membran. Pengaruhnya dapat meningkatkan atau menurunkan. Bila permeabilitasnya meningkat maka akan mengakibatkan kemampuan selektivitas menurun, sehingga memacu masuknya ion-ion atau senyawa-senyawa ke dalam sel. Sedangkan bila permeabilitasnya menurun maka akan mengakibatkan selektifitas meningkat sehingga akan mengurangi masuknya ion-ion atau senyawa tertentu ke dalam sel. Kemampuan selektivitas memungkinkan masuknya ion tertentu dan menghambat ion yang lain, sehingga konsentrasi ion tertentu di dalam sel akan meningkat dibandingkan dengan di luar sel. Artinya bahwa substrat di luar sel tidak sama dengan substrat di dalam sel. 

2. Hormon mampu menghambat atau mempercepat terbentuknya kompleks enzim-substrat, artinya dengan posisi demikian hormon mempunyai peran dapat mendorong percepatan reaksi enzimatik atau menghambat. Pada reaksi enzimatik agar terbentuk produk, terlebih dahulu substrat harus berikatan dengan enzim membentuk kompleks-enzim-substrat. 

3. Hormon dapat mempercepat penyediaan atau pembentukan : atp. Koenzim, kofaktor, dan vitamin pada reaksi enzimatik, karena efektifitas kerja enzim sangat memerlukan hal-hal di atas. 

4. Hormon sendiri berfungsi sebagai koenzim, sehingga enzim yang sebelumnya tidak aktif menjadi aktif berfungsi. Untuk dapat aktif enzim memerlukan koenzim, atau dapat pula hormon itu hanya berfungsi sebagai pengaktif saja. 

5. Hormon berfungsi sebagai pengaktif, jika pada enzim terdapat inhibitornya. Seperti diketahui bahwa enzim dapat menjadi tidak aktif bila terdapat hambatan (inhibitor). Bila yang terjadi adalah inhibitor kompetitif hormon dapat membantu dengan cara meningkatkan konsentrasi substrat atau enzimnya. Sedangkan bila yang terjadi adalah inhibitor non kompetitif maka hormon bertindak sebagai penangkap atau pengikat inhibitor nin kompetitifnya hingga hambatan menurun dan reaksi berjalan. 

6. Hormon dapat berperan sebagai pengaktif prekrusor enzim, dalam hal ini hormon berperan sebagai scond massenger pada sistesis protein sehingga percepatan reaksi dapat terjadi. 

7. Hormon sebagai pengatur efek allosterik (sebagai efektor), 

8. Hormon dapat mempengaruhi langsung dalam aktifitas sintesis protein.  




0 komentar:

Posting Komentar