Sabtu, 07 April 2012

Filled Under:

ILMU FISIKA

1.      Besaran pokok beserta satuannya dalam SI
2.     Alat yang digunakan untuk mengukur panjang yang paling teliti adalah micrometer sekrup. Selain itu ada alat ukur panjang yang dapat digunakan untuk mengukur tebal, diameter, dan kedalaman. Alat ini dinamakan jangka sorong.

   Setelah kita belajar mengenai kinematika dan dinamika partikel (Hukum Newton tentang gerak) mari kita lanjutkan ke pembahasan materi fisika pada semester 2. Menu kita pada semester ini sudah lebih bervariasi jika dibandingkan dengan materi pada semester 1. Coba kita lihat apa saja materi pembahasan fisika pada semester ini!






Pengaruh relativitas membuat astronot Sergei Avdeyev lebih muda sepersekian detik pada saat kembali ke bumi setelah 747 hari di angkasa. Submitted by: Moi-Canada


Mikrometer Skrup merupakan alat ukur panjang yang memiliki ketelitian 0,01 mm. Mikrometer terdiri atas tiga jenis yaitu:
   1. Mikrometer luar (Outside micrometer /aka micrometer caliper) digunakan untuk mengukur diameter kawat, tebal plat, dan tebal batang.

Lensa cembung memiliki bagian tengah yang lebih tebal daripada bagian tepinya. Sifat dari lensa ini adalah mengumpulkan sinar sehingga disebut juga lensa konvergen.


     Dari gambar di atas terlihat bahwa sinar bias mengumpul ke satu titik fokus di belakang lensa. Berbeda dengan cermin yang hanya memiliki satu titik fokus, lensa memiliki dua . . .




Cermin cekung memiliki ciri khusus yaitu jika dikenakan berkas sinar sejajar sumbu utama akan dipantulkan menuju pada suatu titik yang dinamakan titik fokus. Oleh karena itu cermin cekung memiliki sifat konvergen (mengumpulkan berkas cahaya). Seperti pada gambar berikut: Sebelum lebih jauh membahas . . .


     Krisis energi telah diprediksikan akan melanda lima tahun yang akan datang. Hal ini dikarenakan semakin langkanya minyak bumi dan semakin meningkatnya permintaan energi. Untuk itu diperlukan sebuah terobosan baru untuk memanfaatkan energi lain, selain energi yang tidak dapat diperbaharui ini. Karena jika kita tergantung pada energi yang tidak dapat diperbaharui saja, maka di masa depan kita akan kesulitan untuk memanfaatkan energi ini karena keterbatasan sumber dari energi tersebut


1. Berapakah panjang benda yang ditunjukkan oleh mistar mm pada gambar di bawah?







Satu skala dalam derajat Celcius sama dengan satu skala dalam derajat Kelvin, sementara satu skala Celsius kurang dari satu skala Reamur dan satu skala Celcius lebih dari skala Fahrenheit. Secara matematis perbandingan keempat skala tersebut, yaitu:


Percobaan Fisika, Telur Menyerap Minyak Dan Air


Baru Menjadi Telur aja minumnya banyak banget . . . Apalagi jadi seekor Ayam . ,????




0 komentar:

Posting Komentar