Rabu, 18 Januari 2012

Filled Under:

10 Bukti Nyata Blogger Sukses Berpenghasilan Terbesar Per bulan

Disebuah postingan berbahasa inggris yang dulu pernah saya posting diblog ini, (red_atau lebih tepatnya saya copas entah dari mana, karena waktu itu saya hanya ingin mendaftarkan blog ini ditechnorati. Karena konon katanya dengan mendaftarkan blog di technorati blog kita semakin cepat bisa terindeks oleh mesinnya si mbah google), ada seorang sahabat pernah berkomentar dan mengeluh.

"Benar gak sich blogging itu bisa menghasilkan uang, Kok setelah sekian lama blogging, tapi saya belum juga bisa menghasilkan sedikitpun??"

Dan pada lain tempat, yaitu lewat Chat, pernah juga seorang sahabat bertanya:
"Seberapa besar sih penghasilan yang bisa diperoleh dari sebuah blog?"

Pertanyaan semacam ini juga banyak diajukan oleh orang-orang yang ingin mencari sumber penghasilan sebagai Blogger atau sekedar ingin membenarkan diri bahwa menjadi Blogger itu tidak ada gunanya. Nah, pada kesempatan kali ini, saya coba menjawab pertanyaan dari teman-teman yang mungkin masih ragu kalau aktifitas blogging atau dapat uang dari internet itu benar-benar bisa menghasilkan. Kebetulan saat blogwalking saya menemukan sebuah postingan yang mungkin bisa membantu kita untuk tetap semangat blogging.

Berikut ini merupakan contoh nyata dari Blogger-blogger yang sukses meraup keuntungan dari blognya antara lain:

1. TechCrunch.com
TechCrunch pada awalnya hanya dikelola oleh Michael Arrington, seorang pengacara yang sekaligus seorang tech geek. Saat ini, TechCrunch digawangi oleh sejumlah editor yang bekerja sebagai tim. Niche blog ini adalah teknologi dan starts up. Penghasilan per bulan yang diperoleh TechCrunch adalah $200,000 (atau setara Rp.2.053.000.000!) dan terutama bersumber dari iklan-iklan banner. Konon katanya, harga spot iklan selama sebulan di TechCrunch adalah $10,000! (atau setara Rp.102.650.000!).

2. Mashable.com
Mashable adalah blog yang dibuat oleh Pete Cashmore, seorang web technology consultant dari Skotlandia dan saat ini diawaki oleh 10 orang editor tetap. Blog dengan tag line "The Social Media Guide" ini membidik niche social media sebagai sasarannya. Berdiri sejak tahun 2005, Mashable kini telah menghasilkan uang $180,000 (atau setara Rp.1.847.700.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utama Mashable adalah dari iklan banner.

3. PerezHilton.com
PerezHilton adalah blog berita selebritis yang dibuat dan dikelola oleh Mario Lavandeira. Mengambil nama plesetan dari Paris Hilton, blog dengan niche entertainment dan mengusung tag line "Celebrity Juice, Not from Concentrate" ini konon menghasilkan uang $140,000 (atau setara Rp.1.437.100.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan banner.

4. Gothamist.com
Gothamist adalah blog tentang berbagai sisi kota New York. Dibuat dan dikelola oleh Jake Dobkin, blog dengan tag line "New York City News, Food, Arts and Events" ini banyak mendapatkan penghasilan dari iklan PPC. Per bulan, penghasilan Gothamist ditaksir mencapai angka $80,000 (atau setara Rp.816.287.872!).

5. TimothySykes.com
Blog ini, sesuai namanya, dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh Timothy Sykes, seorang pialang dan manager hedge fund asal Amerika Serikat. Dengan niche finance, blog Timothy Sykes terutama banyak mendapatkan penghasilan dari penjualan produk-produk affiliasi keuangan. Setiap bulannya, blog dengan tag line "Short Selling Penny Stocks" ini setidaknya memberikan penghasilan $80,000 (atau setara Rp.816.287.872!).

6. VentureBeat.com
VentureBeat adalah blog berita teknologi dan starts up yang dikelola oleh Matt Marshall. Berdiri sejak tahun 2004, Venture Beat setiap bulannya menghasilkan uang $62,000 (atau setara Rp.636.429.998!) untuk Matt Marshall. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan PPC.

7. LifeHacker.com
LifeHacker adalah blog yang mengupas tentang tips-tips praktis dalam kehidupan sehari-hari. Dikelola oleh Gina Trapani dan Nick Denton, blog dengan tag line "Tips and Downloads for Getting Things Done" ini menghasilkan $60,000 (atau setara Rp.615.899.999!) terutama dari iklan banner.

8. TutsPlus.com
TutsPlus adalah blog unik yang berisi tentang berbagai tutorial dan video tips-tips praktis. Dibuat oleh Collis Taeed dan diawaki oleh sejumlah editor tetap untuk setiap segmen tutorial, TutsPlus yang mengusung tag line "Mad Skills" ini menghasilkan $55,000 per bulannya (atau setara Rp.564.575.000!). Sumber penghasilan utamanya adalah iklan banner.

9. SmashingMagazine.com
Smashing Magazine adalah blog yang terutama ditujukan bagi para web designers dan web developers. Setiap bulannya, Smashing Magazine memberikan penghasilan $50,000 (atau setara Rp.513.250.000!) terutama dari iklan banner. Dibuat oleh Vitaly Friedman, seorang web developer, pada tahun 2006, Smashing Magazine kini dijalankannya berdua bersama Sven Lennartz, seorang web designer asal Jerman.

10. StevePavlina.com
Seperti namanya, StevePavlina.com dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh Steve Pavlina, seorang guru pengembangan kepribadian asal Las Vegas, Amerika Serikat. Blog dengan tag line "Personal Development for Smart People" ini memiliki penghasilan $45,000 (atau setara Rp.461.925.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan PPC dan JV (Joint Venture).

Sebenarnya mereka adalah cuma contoh kecil. Jika kita ingat-ingat sedikit, kita pasti pernah mendengar bahwa pendiri wordpress yaitu Matt Mullenweg dan juga facebook dan juga penemu facebook mark zuckerberg, tidak akan mungkin bisa punya ide-ide cemerlang seperti itu jika mereka dulunya bukan seorang blogger. Kita kita juga tahu bahwa blogger-blogger Indonesia sendiri sudah ratusan bahkan ribuan orang yang telah berhasil. Atau kita fikir saja secara logika, jika kegiatan ini tidak benar-benar bisa menghasilkan, mungkinkah ada begitu banyak orang yang hanya melakukan pekerjaan yang sia-sia?

Sekarang barangkali jawaban pertanyaan ini justru kembali kepada Anda sendiri. Seberapa besarkah penghasilan yang Anda inginkan dari aktivitas blogging? Anda sendiri yang menentukan.

Yang pasti, dunia blogging sejatinya menawarkan teramat banyak peluang. Sayangnya, terutama di Indonesia, peluang ini belum banyak dimanfaatkan. Blog masih dianggap sebatas diary online, atau paling banter hanya dianggap sebagai blog pribadi yang bersifat personal. Padahal, jika dikelola secara serius dan profesional, blogging bisa sangat menguntungkan dan memberikan penghasilan dalam jumlah yang bakal membuat mata siapapun yang melihatnya melotot keluar.
 
sumber : http://indonesian-toshokan.blogspot.com/2012/01/10-bukti-nyata-blogger-sukses.html




2 komentar:

  1. I would like to thanks for the efforts you have put in writing this blog. I am hoping the same high-grade blog post from you in the upcoming as well.I agree that a web designer must have a creative approach and must have a understanding of user.The design of webpage and content must inter related so the user can interact with it.A web designer must be very knowledgeable.Their are so many challenges available for web designers and developers.
    Joomla Development India

    BalasHapus
  2. Thanks for sharing your views.
    Great blog here.. It’s hard to find quality writing like yours these days. I really appreciate people like you.
    Regards,
    PSD to XHTML

    BalasHapus