Rabu, 18 Januari 2012

Filled Under:

Cara Ampuh Menghapus Virus di Flashdisk Tanpa Software





Temen2, gimana kalo flashdisk kita kena virus?? benci gak?? *ah kalo saya biasa aja tuh hehe siapa takut ... takut ada file penting yang hilang?? Masalah seperti ini sering temui di flashdisk kita, namun untuk itu dalam kesempatan ini kita akan bahas sama2 untuk mengatasi problema tersebut. Tapi sebelumnya bagi anda yang belum baca cara sederhana membasmi virus tanpa software, monggo baca duludisini.

Solusi efektif yang kita akan pake buat ngilangin virus di flashdisk ini gak akan menghapus file penting anda bersama virusnya alias di heal. Penasaran??? *kalo gak penasaran, sana pergi!! hehe cuma bercanda menjulurkan lidah . Yuk kita lanjut bacanya...

1. Pertama yang harus anda lakukan adalah colokin flashdisk anda di komputer anda, setelah itu anda buka flashdisk anda lewat:
klik kanan di Start >>> Explore (membuka flashdisk lewat Explore ini lebih aman, karena mencegah virus menyebar ke komputer)
2. Ubah tampilan dengan klik View >>> Details, agar type filenya bisa terlihat, sehingga mempermudah anda untuk mencari file yang terinfeksi tersebut.

3. Cara mengetahui file tersebut terinfeksi, bisa dilihat dari keanehaannya. Maksud dari "keanehan" tersebut adalah misalnya ada file dokumen word yang seharusnya berekstensi .doc tapi malah berekstensi .exe, contoh lainnya gambar yang berkestensi .jpg tetapi jadi .exe. Ini adalah sebuah pertanda dari "keanehan" tersebut dan kesimpulannya anda udah menemukan virus tersebut.

catatan kecil:
- Virus merubah ekstensi file bukan berarti file tersebut rusak, tapi disembunyikan oleh virus tersebut dan digantikan dengan file duplikat palsu yang dibuat oleh virus tersebut. Jadi file tersebut gak bis digunakan kecuali virus itu diBASMI!! dan jika kalian mengklik file duplikat tersebut, anda telah mengaktifkan file duplikat tersebut sehingga virus2 tersebut bisa menyebar di komputer anda.

4. Jika udah ketemu file yang terinfeksi virus, anda harus mendelete file tersebut dengan mengunakan Shift + Delete.

Tapi jika file yang terinfeksi itu di delete, jadinya file penting kita sama aja hilang dong??? Tenang aja, karena sekarang kita akan mengunakan trik rahasianya... kalo pengen tau, ayo baca lebih lanjut.

Sekarang untuk membalikan file yang sudah kita delete tadi, kita harus membuka Command Prompt (layar hitam di komputer), anda bisa membuka Command Prompt lewat 2 cara:
- Start >>> Run >>> ketik cmd >>> Ok

- Start >>> All programs >>> Accesorries >>> Command Prompt
Kemudian cari lokasi flashdisk anda lewat Command Prompt tersebut, caranya:

- misalnya flashdisk anda di detech sebagai drive G di komputer, maka anda harus mengetik ini pada Command Prompt C:\>G:
lalu anda tekan enter, dan anda akan berpindah ke drive G tersebut.

Kemudian anda ketik lagi di Command Prompt Attrib -s -h /D /S
lalu tekan enter. Dan Simsalabim Abarakadabra 2 Jempol ... file anda yang hilang tadi udah muncul lagi, tanpa terinfeksi virus. Gimana??? dengan cara ini, anda tidak perlu takut jika flashdisk anda terkena virus. Tapi anda harus tetep hati-hati sama namanya virus, karena mereka tetep berbahaya dan demikian info tips saya tentang cara membasmi virus di flashdisk.




0 komentar:

Posting Komentar