Jumat, 02 Maret 2012

Filled Under:

Dugong Si Bintang Laut


Hai, para Desta Sains 17, sebelumnya saya pernah share tentang Reproduks Generative , kali ini Penulis share kepada kawan-kawan tentang Dugong binatang laut. Dugongs (Dugong dugon) adalah mamalia laut yang panjang tubuhnya dapat mencapai tiga meter dan beratnya dapat mencapai 400 Kg. Dugong juga sering dikenal sebagai 'sapi laut' karena memakan pada rumput laut dan akar tanaman air yang ada di perairan pantai. Dugong memiliki ekor fluked yang memungkinkan mereka untuk berenang.
Dugong, Dugong dugon
Dugong juga memiliki flippers depan yang mereka gunakan untuk berenang ke arah depan.Dugong berenang di dekat permukaan perairan dan sesekali menyelam ke dasar perairan, pola renang dugong sedikit lebih unik dengan pergerakan yang lambat dengan menggerakkan ekor nya ke atas dan ke bawah dan sesekali muncul pada permukaan perairan untuk mengambil udara (hampr mirip dengan pergerakan ikan paus besar).  Dugong memiliki semacam rambut yang tumbuh di sekitar mulut (mirip kumis kucing).
Dugong umumnya bermigrasi pada tempat-tempat tertentu untuk mencari makan dan menyebar pada daerah-daerha tropis dunia (lihat penjelasan tentang Konservasi Dugong di web ini).  Penyebaran dugong ini umumnya sangat tergantung pada lingkungan perairan dan terutama sumber makanan yang berupa habitat alami beberapa jenis seagrass seperi Halodule sp., Halophile sp. dan Syringodium sp yang merupakan makanan alami dugong.  Atau kita sering menemukan dugong pada lingkungan perairan yang terlindung dari ombak dan arus yang kuat.
peluang usaha 
Klasifikasi dari dugong adalah sebagai berikut :
  • Kingdom: Animalia
  • Phylum Chordata
  • Class: Mammalia
  • Order: Sirenia
  • Family: Dugongidae
  • Genus: Dugong
  • Species: Dugong dugon
Perkembang biakan dugong lebih mirip mamalia yang semuanya di lakukan di laut dengan interval kelahiran 3 sampai 7 tahun. Dan semua anak dugong juga menyusu pada induknya. Sampai pada umur 1 sampai 2 tahun.  Dugong mencapai ukuran dewasa setelah berumur 9 tahun dan umumnya dugong bertahan hingga mencapai umur 20 tahun. Yang terunik dari dugong adalah anak dugong akan selalu berenang di samping induknya terutama dalam ruaya dan dalam keadaan bahaya.
Referensi :
Burnie D, Wilson DE. 2001. Animal. London: Dorling Kindersley. 624 p.
Sumber





0 komentar:

Posting Komentar